CPU hidup tapi Layar tidak tampil

Sabtu, 25 Februari 2012

Menjadi salah satu teknisi di suatu sekolah dan perguruan tinggi swasta membuat pikirn saya jenuh juga,,, :) . Tapi ya mau gimana lagi, itu memang sudah skill saya di bidang komputer, dan kali ini saya akan membagikan tips dan trik-nya bagaimana cpu anda hidup tetapi layar monitornya tidak tampil. Gak perlu panjang lebar lagi langsung aja anda baca,, cekidot..

Bagian-bagian hardware yang perlu di cek sbb :

1. Kabel VGA
Ganti kabel VGA ( kabel yang tersambung dari monitor ke CPU ) . jika gagal ? silahkan anda coba cara ke-2.


2. RAM (MEMORY)
Cabut kabel power dr power suply, lalu cabut RAM (MEMORY)dan bersihkan socketnya (wadah RAM di motherboard). lalu bersihkan juga kuningan RAM dengan penghapus pensil (gunanya agar kotoran yang ada di kuningan ram trsebut terangkat), lalu pasang kembali. Pastikan terpasang dengan benar, sebelum memasang ram kembali, cabut dahulu kabel power di motherboard ( kabel yang dari power suply ke motherboard, yang kepalanya paling panjang sendiri ) lalu pasang kembali kabel power ke power suply dan nyalakan. Jika tidak bisa, ganti dengan MEMORY lain.
Jika masih gagal ?, silahkan coba yang ke-3.

3. VGA card ( jika ada )
Sama seperti RAM tadi, VGA card dicabut lalu bersihkan socket VGA card-nya dan bersihkan kuningan-nya juga, lalu pasang kembali, sebelum itu cabut dulu kabel power yang kepalanya panjang sendiri tadi :)). Mengapa harus dicabut dulu kabel kepala panjang ini ? menurut pengalaman saya, disaat kita mencabut suatu hardware dari motherboard atau memasang hardware baru ke motherboard, maka system di motherboard tidak akan membaca hardware tersebut ( menurut saya sih dari aliran listrik dan datanya ). Ga berhasil jg ? ganti dengan VGA card lain. Nah kalau sampe sini juga gak sukses, maka lanjut ke cara ke-4 .

4. Processor
Dibagian ini saya rada males ( ribet copotinnya ) . tapi . . . tetep harus kita kerjakan. mau gak maw, cabut processor-nya dan lihat apakah ada cacat di jarum"nya ? Jika gak ada, makan periksa pasta-nya, apakah udah kering dan tipis ?
Jika iya, maka berilah pasta yang sama malah pasta yang lebih bagus juga gak  masalah. Pasang kembali processornya dan nyalakan, jika belum bisa lanjut cara yang ke-5.


5. Reset BIOS/Clear CMOS
Pada bagian ini merupakan trik untuk merubah setingan BIOS kembali seperti semula (defaultnya/setingan dari pabrikannya). Untuk melakukan ini anda tidak usah mencabut batery yang ada pada motherboard tetapi cukup memindahkan posisi jumper CMOS, jumper ini biasanya terpasang di sekitar batery.


Jumper tersebut terpasang diatas 3 pin. Untuk setingan awal jumper berada di pin 1,2 sedangkan pin 3 tidak diisi. Jika Anda ingin melakukan clear CMOS maka Anda hanya lakukan cabut jumper tersebut dan pasang jumper tersebut ke pin 2,3 pin 1 tidak diisi. Setelah itu diamkan komputer kurang lebih 5 menit (untuk lebih memastikan CMOS clear). Setelah itu cabut lagi jumpernya kemudian pasang keposisi semula ke pin 1,2 dan pin 3 tidak diisi.

Kalo tidak mau ribet dan susah, cabut saja batery BIOS tersebut dan diamkan selama beberapa menit dalam kondisi komputer tidak tertancap power listrik. setelah beberapa menit lalu pasang kembali baterynya, dan hidupkan komputernya. 

Jangan lupa seting ulang BIOS, jam, tanggal sistem, dan setingan yang lainnya kemungkinan berubah. 

Perhatian : Ingat kalo mau clear CMOS/BIOS kondisi komputer harus mati dan usahakan tidak ada listrik yang menancap ke komputer.

Jika ke-5 cara tersebut gak mau juga, lem biru (lempar beli baru) aja komputer-nya,hehehe :) ,, Tp masih ada 1 jalan keluar lagi koq, cekidot aja cara ke-6.

6. Konflik Hardware
Ada kala dimana beberapa hardware tidak saling mendukung atau konflik ( seperti politik aja ada konflik ya hahhah ). 

Nah cobain cari hardware yang konflik ini satu persatu, mulai dari mengganti ram, VGA dll . cobain saja satu-satu :p .


>>Selamat Mencoba : Semoga Berhasil :)

20 komentar:

Asep Karwat mengatakan...

lumayan, cukup membantu mas brow.. Salam kenal..

mawi-root mengatakan...

sala kenal juga mas,, Asep Karwat..

Abul Fadhil mengatakan...

SIP, SANGAT MEMBANTU

mawi-root mengatakan...

Abul Fadhil = sama2.. :)

faisal mengatakan...

terima kasih info nya

Anonim mengatakan...

tak jajale mas mugo - mugo iso.Amin

Anonim mengatakan...

tks tipsnya..boleh dicoba mas bro..

mawi-root mengatakan...

silakan di coba,,
jgan patah semagat gan,,

TheCiter007 mengatakan...

Thanks Bang atas caranya, saya akan coba (y)

Nie sekalian Cendolnya hehe.. ^^ Цכ

mawi-root mengatakan...

Ok sm2,,

Anonim mengatakan...

makasih infonya gan,,,

ipan doang mengatakan...

makasih atas saranya gan ..
lumayan sangat membantu saya dalam membenrarkan cpu dan kumputer

mawi-root mengatakan...

ok, tq tlah mngunjungi blog saya.

yogi jeryko mengatakan...

gan ane mau tanya ne,,
knapa komputer ane nyala sendiri waktu terhubung ama listrik, trus yang parahnya lg ne pc gk mau tampil di layar monitor..mohon pencerahannya gan thank'z...

mawi-root mengatakan...

@yogi jeryko :
1. klo komputer nyala sendiri saat di pasang kabel power ke arus listrik, mungkin colokan jumpernya yang berada d mainbord salah brada pada posisi seharusnya.
2. apabila layar komputer tidak tampil, tapi posisi cpu hidup, anda bisa cek ramnya, coba anda cabut ramnya, anda bersihkan slot ram tersebut menggunakan kuas, lalu dipasang kembali.

OT PICTURES mengatakan...

MANTAP PAK BROW mau q coba smoga berhasil

Ko Noy mengatakan...

umum sekali... kirain tutor benerin hardware nya... trnyata...

bunda mengatakan...

makasi atas saran ya boss

bunda mengatakan...

terimakasih bosss atas sarannyaa
mantap bossss

Septian Distortion mengatakan...

Hahah...Kebanyakan konflik mas broo... :D
Mantap....

Poskan Komentar

ketikan komentar, kritik dan saran ya . . . trim's