Gugup Saat Presentasi ???

Sabtu, 03 Maret 2012



Saya yakin anda pernah melakukan presentasi. Baik itu waktu sekolah maupun kuliah. Apalagi buat mahasiwa seperti saya ini he4x :) , kemampuan presentasi sangat penting untuk kemajuan anda di kampus. Misalnya, cepat mendapatkan perhatian dari dosen maupun teman-teman anda.
Jadi kemampuan melakukan presentasi yang baik sangat penting bagi anda.
Tetapi kadang-kadang, atau malah sering kita merasa gugup ketika melakukan presentasi. Rasa gugup itu mengganggu kelancaran berbicara. Sehingga anda yang mengalami hal itu, pasti ingin mengatasinya. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan:

1. Harus ada persiapan dari awal
Apa yang terjad, jika kita berpergian tanpa ada persiapan terlebih dahulu? Mungkin ada barang-barang yang tertinggal. Hal yang sama juga terjadi di banyak kasus, juga di kasus presentasi. Rasa gugup awalnya muncul karena kita tidak tahu atau tidak yakin, apa yang harus disampaikan pada saat presentasi.
Mungkin anda  perlu mempersiapkan bahan, referensi-referensi penguat, sistematika penyampaian, detail-detailnya dan tentu saja mempersiapkan penguasaan bahan.

2. Adanya sesi tanya jawab
Barangkali anda gugup karena suasana kuliah yang terlalu sepi. Semua pendengar seakan-akan fokus terhadap presentasi anda. Dan anda tidak tahu apakah mereka paham atau tidak. Jangan berharap setuju, pemahaman mereka terhadap presentasi anda harus diperhatikan juga.
Coba ajukan pertanyaan kepada mereka, semisal, “Apa kah point ini sudah jelas atau tidak?” Anda bisa menanyakan itu juga pada akhir presentasi dan membuka sesi tanya jawab.

3. Membuat pertanyaan yang kreatif
Kadang-kadang ada karakter audience yang jika hanya disentuh dengan pertanyaan biasa mereka tidak tergerak bertanya. Padahal mereka masih belum cukup paham. Dan anda gugup karena hal itu. Coba atasi dengan berbagai pertanyaan yang kreatif. Misalnya: “apakah ada pertanyaan, jika tidak ada saya yang akan bertanya.”

4. Jangan terlalu serius
Jika anda terlalu serius mempresentasikan hasil kerja anda, teman-teman anda pasti merasa jenuh. Apakah mereka mengerti atau tidak apa yang anda bahas. Coba anda selingi dengan sedikit gurauan sehingga teman-teman anda dapat terhibur dengan presentasi yang anda tampilkan.

0 komentar:

Posting Komentar

ketikan komentar, kritik dan saran ya . . . trim's