Merubah Tampilan Teks dan Background pada Command Prompt / CMD

Jumat, 16 Maret 2012


Command Prompt / CMD adalah sebuah perintah dos yang terdapat pada OS windows yang dapat memudahkan user dalam menjelajahi windows baik secara online maupun offline. Pada dasarnya command prompt berwarna hitam dan putih, apa gak bosen liat itu-itu aja :). Posting'an kali ini saya akan menunjukkan cara merubah tampilan teks dan background cmd sesuai dengan keinginan kita. Langsung saja Anda perhatikan secara seksama step by step :) ....

1. Buka Command Prompt dengan mengklik menu Start » Run
2. Pada jendela Run ketik “cmd” (tanpa tanda petik) dan tekan Enter.

3. Setelah jendela Command Prompt tampil, klik kanan pada bagian atas jendela atau title bar dan pilih Properties.

----------------------------------------------------------

4. Di jendela properties pilih tab Color dan rubah warna dari Screen Background, Screen Text, Popup Text dan Popup Background dengan memilih opsi yang disediakan.

5. Setelah selesai klik tombol OK.
6. Jika tampil kotak dialog konfirmasi yang bersisi dua opsi yaitu: Apply properties to current windows only dan Save properties for future windows with same title.
7. Pilihlah opsi pertama jika Anda hanya ingin merubah warna Command Prompt untuk sesi tersebut saja. Namun jika Anda menutup dan membuka kembali Commad Prompt, warnanya akan kembali ke default. Jika Anda ingin warna tersebut terus Anda pakai maka pilihlah opsi kedua.

Sekarang warna Command Prompt Anda telah berubah. Hal ini akan memberikan nuansa baru jika Anda menggunakannya.
Semoga bermanfaat >> :)





0 komentar:

Posting Komentar

ketikan komentar, kritik dan saran ya . . . trim's